VFX Pontianak

Ayo para animator/yang berminat di bidang 3D Vissual Effect di kota pontianak bergabung disini mari kita buat orang luar mengenali siapa kita sebenarnya.

Senin, 08 Juli 2013

tentang visual effect

ya, bertemu lagi dengan ane damroe disini, kali ini ane akan membahas sedikit tentang Visual Efek, sebelumnya jangan dibaca ya gan kalo menurut ente setelah liat artikel ini jadi ga seru lagi buat nonton film Hollywood, ane hanya berbagi sedikit yang ane tau.
Apa sih gan Efek Visual itu?
Setau ane sih efek visual itu efek 3D animasi yang dibuat se-real/seasli mungkin, biasanya efek ini dipake difilm film besar di hollywood hollywood gan, kalo diIndo juga ada kok gan, yang diIndosiar itu loh, yang ada naga terbang sama ojek elang yang mungkin udah punah sekarang hehe..
contoh visual efek:


tuh gan visualnya, taukan bedanya apa :D
ternyata bisa dibilang, kita lumayan dibohongi sama film gan hehe

Gimana Sih gan cara buat kayak gitu?
wah, ane juga kurang bisa kalo buat yang begini gan, perlu waktu banyak buat pelajar kayak ane kalau mau buat kayak gitu, tapi setelah ane sedikit browsing di google, ane nemuin penjelasan dari para sesepuh dan mastah yang ngerti beginian gan, nih sedikit penjelasannya

Kenapa sih gan kok pake titik titik kayak gitu dibadannya?
Beberapa titik itu buat dibikin trik yang namanya augmented reality gan, jadi titik titik itu di mapping kekomputer terus dibuat jadi kayak baju Ironman gitu gan, oh iya gan kalau gak salah yang dipake dibadan sama aktornya itu buat dapetin gerakan atau ngebaca gerakan sang aktor terus dikirim kekomputer, sistemnya tuh kayak sensor game nitendo wii kalo gasalah gan. CMIIW 

oh iya gan untuk membuat background yang bisa terlihat asli itu juga perlu trik gan, contohnya:


Kenapa sih gan backround visual itu identik sama biru dan hijau?
karena warna biru dan hijau itu buat ngerender aktornya pada saat visualisasinya ga, biar lebih gampang. Karena screen biru dan hijau kontras dengan warna lain gan, jadi kalo ada warna biru disekmen maka warna backgroundnya hijau, begitu juga sebaliknya. Istilah namanya dikenal dengan Chrome key. CMIIW

Nih gan jadinya kalo warnanya warna lain/sama kayak warna aktornya

oh iye gan, ada gak sih software buat bikin visual ginian?
beuh gan, jangan tanya kalo itu mah, ada banyak banget beredar software buat bikin visual kayak gini, nih yang ane tau: Autodesk 3DS max, blender, Lightwave, Cinema4D, Maya dan masih banyak lagi..

lima film paling sukses dengan efek visualsepanjang masa:

1. Avatar (2009) - $ 2800000000
2. Titanic (1997) - $ 1800000000
3. Harry Potter and the Deathly Hallows, Bagian 2 (2011) - $ 1300000000
4. Transformers: Dark of the Moon (2011) - $ 1100000000
5. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) - $ 1100000000.

Kenapa sih, kok agan Damroe tertarik buat bikin artikel ginian?
hehe, jawabannya karena cita cita ane pengen jadi sutradara sekaligus animator gan, entah bisa atau enggak nantinya, yang penting kan kita udah punya impian dari sekarang heheh...

Kenapa sih gan emangnya Animator lebih milih kerja diluar daripada didalem negri?
karena, kata animator yang kerja di luar sana, gajinya gede dan pemerintahnya ngedukung, gaji animator di hollywood itu rata rata setahunnya $ 72.380 pada tahun 2010.

sekedar bagi baginih gan, mengenang kejayaan ojek elang dan naga terbang diIndonesia yang mungkin sudah punah:

menurut ane, sebenernya udah bagus loh gan visualnya indonesia, tapi karna masih kasar dan kesannya tuh kayak asal asalan malah jadi koplak gan hahaha
tapi kalo diasah ane yakin hollywood bisa lewat, semoga pemerintah mendukung animator animator Indonesia kedepannya ya gan, dan animator yang udah pergi ke hollywood bakalan balik keIndonesia buat mengabdi untuk bangsa Indonesia tercinta ini hehe, sekian dulu gan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar